Upacara Peringatan HUT Mahkamah Agung RI ke 74

Ditayangkan: Selasa, 20 Agustus 2019

Ketua Pengadilan Negeri Pariaman Kelas IB SAPTA DIHARJA, SH, M.HUM memimpin upacara peringatan Hari Jadi Mahkamah Agung Republik Indonesia yang ke-74 pada Senin tanggal 19 Agustus 2019. Upacara dilaksanakan di Halaman Kantor Pengadilan Negeri Pariaman Kelas IB. Peserta upacara selain dari Karyawan/ti Pengadilan Negeri Pariaman, juga diikuti oleh Pengadilan Agama Pariaman dan seluruh Honorer serta mahasiswa/i Praktek Kerja Lapangan.

Upacara dimulai Pada Pukul 08.00 WIB. Acara diawali oleh laporan dari pimpinan upacara, mengheningkan cipta kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Visi dan Misi Mahkamah Agung Republik Indonesia. Sapta Diharja, SH, M.Hum selaku Pembina upacara membacakan Amanat Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia yang mana pada Hari Jadi Mahkamah Agung Republik Indonesia yang mengangkat tema “Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi Untuk Melayani”, dimana pada Cetak Biru Pembaruan Peradilan 2010-2035 telah menekankan pentingnya restrukturisasi Mahkamah Agung dan Badan-badan peradilan di bawahnya yang didasarkan pada salah satu pertimbangan adanya kebutuhan untuk menjadi organisasi modern dengan memanfaatkan teknologi informasi serta adanya keinginan untuk menyederhanakan rantai birokrasi dimana pemanfaatan teknologi informasi dalam business process engineering Mahkamah Agung yang telah diiimplementasikan dalam berbagai program dan aplikasi untuk memudahkan lembaga peradilan dalam pemberian layanan peradilan tentunya dikuatkan dari sisi finansial dan sisi sumber daya manusia yang diharapkan bisa memberikan manfaat yang maksimal bagi penerima layanan peradilan. Semua Kebijakan-kebijakan yamg dikeluarkan Mahkamah Agung secara bertahap mengadopsi proses persidangan secara elektronik (e-litigasi) yang dimulai dengan administrasi perkara secara elektronik (e-court).

   

Dua minggu sebelum acara HUT Mahkamah Agung RI telah dilaksanakan perlombaan seperti perlombaan tenis meja putra/putri, catur, domino dan lomba karaoke di Pengadilan Negeri Pariaman kelas IB ini. Peserta terdiri atas karyawan/I Pengadilan Negeri Pariaman, honorer dan mahasiswa/I PKL di Pengadilan Negeri Pariaman. Penyerahan hadiah lomba berupa piala, medali dan bingkisan diserahkan setelah pelaksanaan upacara HUT Mahkamah Agung RI dan begitu juga dengan Pengadilan Agama Pariaman yang penyerahan hadiah perlombaannya saat itu juga.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan Kue Ulang Tahun Mahkamah Agung RI ke-74 oleh Ketua Pengadilan Negeri Pariaman yang didampingi isteri dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pariaman sedangkan Ketua Pengadilan Agama Pariaman didampingi oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Pariaman yang disaksikan bersama-sama oleh semua peserta upacara yang kemudian dilanjutkan dengan makan bersama dan nonton bareng launching Hymne Mahkamah Agung Republik Indonesia.

 

Terbaru