Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Ditayangkan: Selasa, 01 Oktober 2019

Ketua Pengadilan Negeri Pariaman Kelas IB SAPTA DIHARJA, SH, M.HUM memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Kantor Pengadilan Negeri Pariaman Kelas IB.

Upacara dimulai Pada Pukul 08.00 WIB. Acara diawali oleh laporan dari pimpinan upacara, Pembacaan teks Pancasila, Pembacaan UUD 1945 yang kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Naskah Ikrar. Dalam Naskah Ikrar tersebut yang diakhiri dengan mengikrarkan “maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”. upacara berlansung kira-kira 35 menit.

 

Ditemui di ruang kerjanya, Sekretaris Pengadilan Negeri Pariaman Zulkifli Lubis, SE menyatakan pentingnya Pengamalan Pancasila di kehidupan sehari-hari baik itu di lingkungan kerja maupun di Kehidupan Sehari-hari beliau. Beliau mengungkapkan perlu menghadirkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari terutama sila Pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa kemudian sila yang menyangkut keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Kalau ada pelaksanaan seadil-adilnya sila keadilan sosial maka insyaallah ideologi-ideologi alternatif yang dipaksakan tidak akan menembus karena masyarakat merasakan Pancasila di keseharian, Pancasila dalam keadilannya menjadi kenyataan. Ancaman terhadap Ideologi selain Pancasila harus kita waspadai. Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak akan goyah jika Nilai-nilai Pancasila diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, karena pancasila merupakan karakter kita, ruh kita, nafas kita dan ideologi kita imbuh beliau.

Terbaru